Arduino - Pemrograman Tombol + LCD 16x2


Kita akan mempelajari bagaimana menggabungkan tombol (push button) dan LCD 16x2 untuk membuat tampilan interaktif. Proyek ini adalah dasar dari berbagai aplikasi seperti menu navigasi, sistem input sederhana, atau tampilan status berdasarkan interaksi pengguna.

Tujuan Proyek

Ketika tombol ditekan, LCD akan menampilkan pesan yang berbeda atau memperbarui nilai pada layar.

Alat dan Bahan

  • 1x Arduino Uno
  • 1x LCD 16x2 + I2C module
  • 1x Push Button
  • 1x Resistor 10K Ohm (pull-down resistor)
  • Kabel jumper
  • Breadboard

Skema Rangkaian

Tombol:

  • Satu kaki ke GND
  • Satu kaki ke pin digital 2 Arduino dan ke resistor 10K Ohm ke GND

LCD:

  • VCC → 5V Arduino
  • GND → GND Arduino
  • SDA → A4 (Arduino Uno)
  • SCL → A5 (Arduino Uno)

Instalasi Library

Pastikan kamu sudah menginstal library LiquidCrystal_I2C dari Library Manager di Arduino IDE.

Kode Program

Berikut contoh program untuk menampilkan teks yang berubah saat tombol ditekan:

#include "Wire.h"
#include "LiquidCrystal_I2C.h" LiquidCrystal_I2C lcd(0x27, 16, 2); const int tombolPin = 2; bool statusTombol = false; bool terakhir = false; void setup() { lcd.init(); lcd.backlight(); pinMode(tombolPin, INPUT); lcd.setCursor(0, 0); lcd.print("Tekan tombol!"); } void loop() { bool dibaca = digitalRead(tombolPin); if (dibaca == HIGH && terakhir == LOW) { statusTombol = !statusTombol; // Toggle status lcd.clear(); lcd.setCursor(0, 0); if (statusTombol) { lcd.print("ON"); } else { lcd.print("OFF"); } delay(200); // debounce sederhana } terakhir = dibaca; }

Penjelasan Kode:

  • Membaca status tombol setiap saat
  • Menggunakan toggle untuk berganti status (ON/OFF)
  • LCD akan menampilkan teks sesuai status tombol
  • delay(200) digunakan sebagai debounce sederhana

Selamat mencoba dan terus eksplorasi proyek Arduino yang makin interaktif!
Selanjutnya
« Post Selanjutnya
Sebelumnya
Post Sebelumnya »

EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.